Tuesday, June 2, 2009

Donat (gagal)

Pengen donat tapi maunya yg gampang, ga pake shortening (karena blom tau bahasa italinya apa, hehehe), dan bisa pake ragi segar (disini ketemunya yg halal cuma itu).
Ketemu resep ini.
Harusnya kayanya ni resep bagus, tapi berhubung rada asal bikinnya, butter+telornya tadi kelebihan, jadi terigunya harus nambah banyak :D

Bahan :
- 1 pak (0.6 oz) ragi segar, tunggu sampai suhu ruang
- 1/2 cup air hangat
- 1-1/2 sdm gula ( saya pakai sekitar 2 sdm agak munjung)
- 1/4 cup butter cair (saya pakai 50 gram butter padat dicairkan, tp ini kayanya kelebihan deh)
- 1/2 telur, kocok (kocok di gelas, tuang setengahnya aja, setengahnya lagi bisa didadar misalnya :D tapi karena saya error, tadi 1 telur dipake semua, hehehe)
- 1/4 sdt kayu manis bubuk
- 1/2 sdt vanila
- 1/2 sdt garam
- 1-1/4 cup terigu (tambahkan bila adonan masih lengket-lengket, saya pakai sekitar 2 cup + 4 sdm)

Cara membuat:
- Campurkan air hangat, gula, dan yeast yg dihancurkan, tunggu beberapa saat sampai terlihat gelembung-gelembung
- masukkan semua bahan, aduk-aduk sampai menjadi adonan yg tidak lengket, uleni 1 menit (disini tambahkan terigu sesuai kondisi adonan)
- tipiskan adonan (tidak usah pakai roller juga bisa) bentuk sesuai keinginan (saya pakai gelas untuk dapat bentuk bulat), pindahkan ke kertas oven.
- biarkan mengembang sekitar 1 jam
- goreng, biarkan dingin, beri whipped cream/butter/meisjes/ atau topping lain sesuai selera

2 comments:

Ismail Habib said...

Pertama kali dalam hidup kutemukan cara membuat donat (gagal) xD

lite said...

hahaha, iya niii, maklum amatir :P