Tuesday, June 2, 2009

Käse brötchen

Ini makanan yg lumayan berkesan ni dulu di Jerman. Roti biasa aja sih, standar jerman, keras di luar, di dalemnya empuk, ga ada isinya, tapi di atasnya full keju ampe ke bawah2 gitu. Kangen, deh. Disini ngga ada.




Biasanya saya menghindari bikin roti-rotian, karena males ngulenin dan nunggu ngembang. Tapi berhubung lagi libur panjang, dicobain deh akhirnya bikin, dan ternyata gampang loh.

Kemaren nyoba resep dari sini. Tapi hasilnya kurang memuaskan (faktor orang sih kayanya hehehe), jadi laen kali mo nyoba resep ini yg ntar kutulis dibawah juga.

Käse brötchen resep dapoer iboe

Bahan :
- 600 gram tepung terigu all purpose (DE: 405, IT: 00)
- 1 paket ragi (8 gram ragi kering, saya pakai penggantinya 0.6 oz ragi segar, keluarkan dari kulkas tunggu sampai mencapai suhu ruang)
- 150 ml susu cair + 150 ml air, hangatkan (jangan sampai mendidih, nanti raginya mati)
- 50 ml minyak (kemaren pake sun flower oil)
- 1 sdt garam
- keju gouda lembaran untuk topping (disini susah cari gouda, kemaren pake edameer kemasan slices 140 grm isi 9, tp ga terlalu sukses, terlalu cair pas dioven)

Cara membuat:
Campur tepung dan garam (kalo saya masukinnya sambil diayak), hancur-hancurkan ragi segar, campurkan ke tepung.
Tambahkan air+susu sedikit-sedikit sambil diuleni, tambahkan minyak. Uleni sampai kalis.
Diamkan adonan sampai mengembang 2 kali lipat (saya tandai pinggir panci dengan tepung untuk ketinggian 2 kali adonan biar bisa ketauan)
Bagi menjadi 8, bulatkan agak gepeng (kemaren beberapa saya isi keju, tapi gagal karena mencair dan kurang signifikan banyaknya hehehe), taruh di kertas oven.
Panaskan di oven dengan suhu 200 derajat selama 25 menit. Setelah menit 15 taruh lembaran keju di atas masing-masing roti.



Hasil praktek roti ini kemaren kurang sukses karena kayanya kurang ngembang adonannya. Di luarnya agak terlalu keras, di dalemnya empuk tapi tidak seempuk yang diharapkan. Mungkin kemaren kesalahannya karena raginya masih dingin dari kulkas langsung dipakai (ga sabaran sih hehehe) dan kurang lama waktu menguleni adonan. Kemaren cuma diuleni sebentar karena adonannya sudah ngga nempel dengan panci (kalis = ngga nempel2, kan, ya?) jadi langsung disudahkan. Padahal adonannya belum mulus-mulus amat. Laen kali harus lebih semangat nguleninya kayanya :D

Untuk laen kali, saya mau coba resep di bawah ini aja, dapet dari forum jerman. Rata-rata komen yg udah nyoba pada bilang enak dan perbandingan terigu dan cairan di resep ini lebih besar, jadi harusnya lebih empuk.

Käse brötchen resep chefkoch
Bahan :
375 gram tepung terigu
1 pak ragi kering (/0.6 oz ragi segar)
1 sdt garam
1 sdt gula
1 cup air
150 gram + 50 gram keju gouda, diparut kasar
1 kuning telur + 1 sdm susu untuk olesan


Cara membuat :

Campur ragi, tepung terigu, gula, garam, air dan 150 gram keju.
Bentuk roti kecil-kecil, taruh di atas kertas oven.
Oles roti dengan kuning telur + susu, taburi sisa keju. Diamkan selama 30 menit.
Panggang dengan suhu 200 derajat selama 20 menit.

Käsebrötchen versi lite :
1 cup air, hangatkan
3 cup terigu
1 block ragi segar (0.6 oz) suhu ruangan
1 sdt garam
1 sdm gula
4 lembar keju singles (disini pakai kraft sotillette) untuk isian
2 lembar keju singles potong kecil-kecil untuk campuran roti (kayanya bisa dihilangkan)
8 lembar keju gouda untuk topping
1 kuning telur + 1 sdm susu untuk olesan, kocok

- Campur air hangat, gula dan 1 sdm terigu, hancur-hancurkan ragi segar. Diamkan beberapa saat sampai terlihat buih-buih.
- Ayak terigu ke dalam larutan sambil diaduk-aduk.
- Uleni sampai kalis ( tadi butuh waktu sekitar 1/2 jam mengaduk-aduk, dan 1/2 jam menguleni). Di tengah-tengah menguleni masukkan potongan kecil keju, kemudian setelah mulai agak kalis, taburkan garam ke adonan untuk kemudian diuleni lagi.
- Bagi adonan menjadi 8 bagian, isi 1/2 lembar keju singles di tengah masing-masing adonan. Bulatkan agak gepeng, tempatkan di rak oven yang dialasi kertas oven (beri jarak antara roti)
- Oleskan campuran kuning telur dan susu ke masing-masing adonan roti. Diamkan 30 menit sambil panaskan oven 180 derajat.
- Panggang adonan selama 15 menit, keluarkan, taruh selembar keju gouda di atas tiap roti, panggang lagi selama 5 menit.
- Dinginkan di atas rak kawat agar bagian bawahnya tidak basah.

No comments: